Wednesday, April 17, 2013

Menjadi saksi Tuhan


Lukas 24:47  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.


Mengapa dari Yerusalem/Sion' Karena sejak berdiri kerajaan Israel yang di pimpin oleh Raja Daud, ibu kotanya Yerusalem, kota Yerusalem beberapa kali di hancur/dimusnahkan tetapi tetap di berdiri kembali.

Sebelum kita masuk pada ayat 47, yang merupakan perintah kepada umat yang percaya kepada kebangkitan Kristus. Ketika murid2 sedang bercakap tentang kebangkitan Kristus, tiba-tiba Yesus muncul kembali di tengah-tengah mereka. Memang aneh,pintu yang tertutup rapat muncul sosok makhluk dan berada di tengah2 mereka, sehingga mereka terkejut dan takut dan spontan berkata itu hantu.( ayat 37 )

Apa yang mereka alami sehingga terlalu cepat melupakan sosok Yesus, baru beberapa hari mereka saksikan, di golgota dari pukul 12.00-15.00 gelap gulita seluruh bumi, hujan dan petir begitu dasyat dan gempa bumi, bukit-bukit batu terbelah dua, kuburan2 terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit kembali ( Matius 27:45-56 ), tiba-tiba lupa dan tak kenal Yesus sang Mesias yang ada tengah2 mereka.
Ini juga sering di alami oleh keluarga Kristen, baru mengalami mujizat, baru beberapa hari mengalami sukacita, baru beberapa hari di angkat jadi pejabat, baru beberapa hari menikah, baru beberapa hari mendapatkan berkat yang luar biasa, Tiba2 pertengkaran, kekecewaan, keributan, kebencian bahkan pukulan yang terjadi di tengah-tengah keluarga, di mana Yesus mereka tempatkan, mereka lupa dan tak kenal.

Kalau kita perhatikan 3,5 tahun mereka bersama-sama Yesus. Cukup lama sebenarnya mereka melihat sosok Yesus, ya... kalau sekarang ini STh ( 3,5 tahun kuliah di STT )
Selama 3,5 tahun bersama Yesus, banyak perkara yang dasyat dan luar biasa yang di buat oleh Yesus dan di saksikan oleh murid2Nya.
Air jadi anggur, yang lumpuh berjalan, yang buta melihat, yang tuli mendengar, memberi makan 5000 orang lebih dengan menggunakan 2 ekor ikan dan 5 ketul roti.
Yesus bukan saja berbicara rohani tetapi peduli terhadap kehidupan jasmani.
Perhatian Yesus, kepedulian Yesus,kebaikan Yesus dan kuasa yang Yesus lakukan mereka lupakan dan mereka kembali kepada profesi mereka sebagai penangkap ikan.
Namun Yesus yang penuh dengan kasih datang dan berada di tengah-tengah mereka dan mengingatkan kembali, bahwa Akulah Yesus lihat tangan dan kakiku bekas paku yang melubangi tangan dan kakiKu ( ayat 39 )
Lukas 24:39  Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."
Seperti tema kita bulan April ( ayat 47 ) Menjadi saksi Kristus/Pemberita Injil.

Didalam ke empat Injil ( Matius,Markus,Lukas dan Yohanes )  Yesus mengatakan didalam Matius 28:19-20
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
(ayat 20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Ketika Yesus di lupakan Petrus dan kawan2, di sangkal muridNya, Ia datang dan melawat mereka.. Ketika Yesus berada di tengah2 mereka, Ia tidak mengatakan bertobatlah, atau mengapa kamu lupa dengan mujizat yang kulakukan, mengapa kamu meninggalkan Aku sendiri, mengapa kamu menghindar dari Aku atau mengapa kamu menyangkal Aku. Ini yang sering di katakan oleh beberapa hamba Tuhan.

Namun Yesus tidak mengatakan demikian, yang di katakan Yesus adalah
1. Lukas 24:41  Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?"
Yesus mengajarkan kepada kita, bahwa untuk masuk berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa pada manusia perhatikan keadaannya,.
Saya ambil contoh. Orang lagi pusing karena tidak punya uang untuk bayar sekolah, bila dalam dua hari tidak di bayar maka anak bapak akan di keluarkan, tiba2 datang hamba Tuhan berbicara cari Tuhan, biar hidup bapak dan keluarga di berkati.
Beras sudah tidak ada, tiba tiba datang hamba Tuhan, hanya menyampaikan hal2 rohani, padahal Bapak, istri dan anak2 belum makan dari pagi.
Orang sakit tidak punya biaya dan ini pernah kami alami.
Seperti Firman Tuhan katakan dalam Matius 25:35-40
(Ayat 35) Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;
(ayat 36)  ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.
(ayat 37) Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum?
(ayat 38) Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?
(ayat 39) Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?
(ayat 40) Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
Ketika kita memberi makan orang yang susah,ketika kita kunjungi yang di penjara, berikan perhatian kepada orang yang mau kita layani, bagaimana agar ia suka dengan kedatangan kita, sehingga kabar baik/Firman Tuhan akan lebih muda dia teriam.,

2. Lukas 24:45  Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. 
Seseorang yang mau menyampaikan berita, harus mengerti kitab Suci
Sekarang ini orang kristen lebih banyak tahu tentang bola, kalau di tanya nama pemain bola banyak tahunya, di bandingkan nama2 tokoh di dalam alkitab.
Ada juga kalau di tanya tempat makanan favorit, langsung menjawab, tapi kalau di tanya coba satu ayat dalam Alkitab tidak tahu sama sekali.

3. Lukas 24:49  Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."
inilah yang harus di miliki setiap hamba Tuhan, setiap yang percaya akan kebangkitan kristus, agar apa yang di ucapkan,apa yang di sampaikan menjadi berkat.

Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Post a Comment